menubar

Optimasi Aset / Rencana Strategis Pasar


Pasar terdiri atas pembeli dan pembeli berbeda dalam banyak hal. Pasar dapat dibedakan atau disegmentasikan dalam berbagai cara. Pasar bisa diartikan sebagai orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakannya. Adapun istilah segmentasi pasar dapat didefinisikan sebagai berikut :

“Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen (Swasta, 1996). “

Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha. 

Peran Segmentasi Pasar Dalam Marketing Perusahaan

 

  1. Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
  2. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
  3. Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
  4. Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.

 

 

Cara-cara Dalam Memandang Suatu Segmentasi Pasar

 

  1. Static attribute segmentation. Cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara, kawasan, propinsi, kota). Demografi berati kita melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan.
  2. Dinamic attribute segmentation. Cara memandang pasar berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan. Segmentasi ini melihat pasar berdasarkan psikografis dan perilaku. Psikografi meliputi lifestyle, keperibadian. 

 

Rencana pasar strategis menentukan lokasi optimal untuk toko produktif dan menguntungkan di pasar yang dipilih atau wilayah geografis. Disesuaikan dengan kebutuhan klien, elemen analisis meliputi:

 

  1. Benchmarking dinamika pasar secara keseluruhan, termasuk pertumbuhan penduduk, tren komposisi rumah tangga, dan karakteristik demografi seperti pendapatan, etnis, dan usia.
  2. Analisis dan ilustrasi besar dan arah penduduk dan pertumbuhan rumah tangga melalui Sistem Informasi Geografis (GIS) pemetaan spasial.
  3. Pemahaman dasar pasar ekonomi, pendorong utama pertumbuhan, dan prospek pertumbuhan ekonomi masa depan, serta efek dari siklus bisnis pada ekonomi lokal.
  4. Identifikasi konsentrasi utama ritel dan pusat perbelanjaan pembangunan yang ada dan direncanakan di pasar.
  5. Persediaan persaingan kunci dalam pasar, dan penilaian kekuatan dan kelemahan mereka sehubungan dengan lokasi, kinerja, dan pangsa pasar.
  6. Pengembangan rencana aksi yang direkomendasikan untuk ekspansi ritel Anda. Jika pasar baru, analisis akan memberikan rencana roll-out toko baru. Jika pasar yang ada, analisis akan meninjau cakupan toko saat ini dan interaksi dan merekomendasikan tindakan masa depan (dekat, pindah, mempertahankan) serta mengidentifikasi potensi lokasi toko baru.

 

Consulting GeoAnalytic

Kekuatan keputusan Analyst di statistik dan matematika, simulasi, pemodelan, dan optimasi menyediakan tenaga kuda analitis untuk mengatasi bisnis dan strategi masalah yang kompleks. 

Sumber tambahan dari Analyst Keputusan

 

  1. Canggih Analytic Layanan
  2. Consulting GeoAnalytic
  3. Ulasan akuisisi
  4. Sistem Informasi Geografis (GIS pemetaan)
  5. Lokasi Analisis atau Eceran Pemilihan Lokasi
  6. Pusat Perbelanjaan Reposisi
  7. Advanced Analytics Kasus Sejarah

 

Database Analytics: Mengembangkan Nilai Strategis dari Database Urusan Konsumen

 

  • Penjualan ritel Peramalan: Menggunakan GeoAnalytics Mengidentifikasi Peluang Pasar Baru
  • Jual Mereka MBA
  • Advanced Analytics Brosur

 

footer

Office & Workshop

OFFICE :
Komp. Istana Mekarwangi Jl. Mekar Utama No. 63 Bandung - West Java - Indonesia
Phone : +62 22 5233856, Fax : +62 22 85241123
email : nuansafajar63adm@gmail.com | nuansa_fajar@hotmail.com

WORKSHOP :
Komp. Istana Mekarwangi Jl. Mekar Abadi No. 22 Bandung - West Java - Indonesia
email : nuansafajarws@gmail.com

File Download

Artikel Terbaru

Copyright @ 2015 - 2020 Nuansa Fajar.

Scroll to Top